Jumat, 15 April 2011

Perbedaan Hub, Repeater, Bridge, Switch, Router

  • Repeater






Bila diterjemahkan secara bebas ke dalam Bahasa Indonesia berarti alat penggulang. Namun dalam disiplin ilmu yang penulis selami Repeater berarti perangkat elektronik yang berfungsi untuk memperpanjang atau meneruskan rentang jaringan. Intinya Repeater adalah perangkat untuk membuat sinyal jaringan meluas.
Repeater, bekerja pada layer fisik jaringan, menguatkan sinyal dan mengirimkan dari satu repeater ke repeater lain. Repeater tidak merubah informasi yang ditransmisikan dan repeater tidak dapat memfilter informasi. Repeater hanya berfungsi membantu menguatkan sinyal yang melemah akibat jarak, sehingga sinyal dapat ditransmisikan ke jarak yang lebih jauh.




  • Hub

Hub adalah perangkat yang menghubungkan computer pada topologi jaringan. Hub berfungsi untuk memanajemen data yang keluar masuk pada topologi jaringan.
Hub menghubungkan semua komputer yang terhubung ke LAN. Hub adalah repeater dengan jumlah port banyak (multiport repeater). Hub tidak mampu menentukan tujuan, Hub hanya mentrasmisikan sinyal ke setiap line yang terkoneksi dengannya, menggunakan mode half-duplex.


  • Switch

Switch adalah sebuah perangkat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC). Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama dengan bridge, namun switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge. 
Switch menghubungkan semua komputer yang terhubung ke LAN, sama seperti hub. Perbedaannya adalah switch dapat beroperasi dengan mode full-duplex dan mampu mengalihkan jalur dan memfilter informasi ke dan dari tujuan yang spesifik.


  • Bridge

Bila diterjemahkan bridge berarti jembatan. Sama seperti diatas Bridge juga adalah perangkat untuk meneruskan jaringan (memperluas). Bedanya Bridge beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI
Bridge adalah aƓintelligent repeater. Bridge menguatkan sinyal yang ditransmisikannya, tetapi tidak seperti repeater, Brigde mampu menentukan tujuan. Selain itu bridge juga membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan.


  • Router

Router adalah sebuah perangkat jaringan yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Bedanya dengan Switch. Switch lebih ke penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah.

1 komentar: