Senin, 11 April 2011

ANALISIS JARINGAN KOMPUTER

ANALISIS JARINGAN KOMPUTER TERHADAP PT.RIZKI
LATAR BELAKANG
Seiring dengan berkembangnnya teknologi komputer telah mendorong terjadinya revolusi dibidang teknologi informasi, dimana semua manusia menyadari betapa pentingnya informasi sebagai suatu kebutuhan aktualitas manusia dalam hal berbagi satu dengan yang lain. Perkembangan teknologi komputer telah memberikan kemudahan dalam semua hal karena secara fisik komputer telah semakin menyatu dalam kehidupan sehari-hari.
Kesadaran akan berbagi pakai manusia beriringan dengan ambisi untuk dapat saling terkoneksi bermacam-macam jenis komputer dalam sebuah jaringan dan sebuah system yang terdestribusi. Kunci perkembangan teknologi komputer adapa pada kemampuannya dalam mempersatukan informasi, melakukan proses informasi, dan mendestribusikan informasi.
Dengan menmggunakan komputer pekerjaan relatif lebih mudah dilakukan karena data terdapat dalam file yang tersimpan di storage ( tempat penyimpanan file ) akan terlindungi. Saat ini hampir seluruh instansi lembaga memakai sistem komputerisasi dalam hal pemrosesan data. Semua itu dilakukan untuk kemudahan dan kenyamanan dalam bekerja.
PT. RIZKI Kabupaten Sumedang merupakan salah satu instansi perusahaan yang bergerak dalam bidang kontruksi. Disana sering terjadi pertukaran data, baik itu dari dalam maupun dari luar lingkungan perusahaan itu sendiri. Koordinasi yang penting akan sangat membantu kelancaran proses pekerjaan pada mereka. Maka dari itu diperlukan lah satu keterhubungan yang bisa menjembatani kedua bagian tersebut untuk saling bertukar informasi.




PERMASALAHAN YANG DIHADAPI
Berdasarkan hasil analisis, maka ditemukan beberpa permasalahan-permasalahan yang muncul, diantaranya :
1. Belum begitu berjalan maksimal kerana dilihat dari kenyataan jaringan LAN pada PT.RIZKI saring tidak konek karena bisa dipengaruhi juga oleh tata letak jaringan yang tidak tepat seperti letaknya yang kurang menangkap sinyal bagitupun jaringan untuk penggunaan internet.
2. Manajemen kemanan jaringan belum diatur labih maksimal, seperti pengamanan kerahasiaan data, hak akses data, hak pakai dari masing-masing user, dan pengamanan dari serangan virus.

SKEMA DAN TITIK JARINGAN



ANALISIS KEBUTUHAN HARDWARE
• 1 Unit komputer untuk Server.
• 6 Unit komputer untuk Client.
• HUB 16 Port, Untuk jaringan yang terdiri dari 1 Server dan 6 Client ( hal ini apabila terjadi penambahan jumlah computer ).
• Ethernet Card, Untuk masing masing komputer dibutuhkan 1 Ethernet Card.
• Jack RJ 45, Untuk masing-masing komputer dibutuhkan 2 PCS Jack RJ 45.
• Kabel UTP, Panjangnya tergantung kebutuhan pada saat pemasangan.
• Modem 100Kbps.
• Line Telpon.
• UPS.

ANALISIS KEBUTUHAN SOFTWARE
• Windows 2003 Server untuk SO Server
• Windows XP untuk SO Client
• TCP/IP

Sistem Topologi Jaringan yang digunakan adalah topologi client – server. Konvigurasi topologi ini agar jaringan dapat berfungsi dengan baik. Untuk mengkonviguras IP address sudah diatur dengan ISP (internet service provider).
1. IP Address : 192.168.0.2 sampai dengan 192.168.0.6
2. Subnet Mask : 255.255.255.0
3. Default Gateway : 192.168.0.1
4. Preferred DNS Server : 222.124.224.34
5. Alternate DNS Server : 203.130.96.5
Pada IP address yang manav client tinggal melanjutkan Host ID Server. Seperti diketahui Server memiliki Host ID 1, (192.168.0.1 ), maka client dimulai dari 192.168.0.2 – 192.168.0.7. Host ID sampai 192.168.0.7 karena jumlah client adalah 6 client.

1 komentar:

  1. thanks infonya , yang ingin belajar lebih jaringan komputer , yuk gabung dengan universitas gunadarma , more info http://lepkom.gunadarma.ac.id

    BalasHapus