Rabu, 26 Januari 2011

belajar komputer

METODE HUFFMAN
Algoritmanya : 1. Urutkan secara menaik (ascending order) nilai-nilai keabuan berdasarkan frekuensi kemunculannya ( atau berdasarkan peluang kemunculan, Pk, yaitu frekuensi kemunculan (nk) dibagi dengan jumlah pixel di dalam gambar (n)). Setiap nilai keabuan dinyatakan sebagai pohon bersimpul tunggal. Setiap simpul di-assign dengan frekuensi kemunculan nilai keabuan tersebut. 2. Gabung dua buah pohon yang mempunyai frekuensi kemunculan paling kecil pada sebuah akar. Akar mempunyai frekuensi yang merupakan jumlah dari frekuensi dua buah pohon penyusunnya. 3. Ulangi langkah 2 sampai tersisa hanya satu buah pohon biner. Agar pemilihan dua pohon yang akan digabungkan berlangsung cepat, maka semua pohon yang ada selalu terurut menaik berdasarkan frekuensi. 4. beri label setiap sisi pada pohon biner. Sisi kiri dilabeli dengan 0 dan sisi kanan dilabeli dengan 1. simpul – simpul daun pada pohon biner menyatakan nilai keabuan yang terdapat di dalam citra semula. Untuk mengkodekan setiap pixel di dalam citra, lakukan langkah kelima berikut : 5. Telusuri pohon biner dari akar ke daun. Barisan label-label sisi dari akar ke daun menyatakan kode huffman untuk derajat keabuan yang bersesuaian. Contoh : Misalkan ada citra yang berukuran 64 x 64 dengan 8 derajat keabuan (k) dan jumlah seluruh piksel (n) = 64 x 64 = 4096. K Nk P(k)=nk/n 0 790 0.19 1 1023 0.25 2 850 0.21 3 656 0.16 4 329 0.08 5 245 0.06 6 122 0.03 7 81 0.02 Proses pembentukan pohon huffman yang terbentuk dapat dilihat pada Gambar. Setiap simpul di dalam pohon berisi pasangan nilai a:b, yang dalam hal ini a menyatakan nilai keabuan dan b menyatakan peluang kemunculan nilai keabuan tersebut dalam citra. Dari pohon Huffman tersebut kita peroleh kode untuk setiap derajat keabuan sebagai berikut : 0 = 00 2 = 01 4 = 1110 6 = 111101 1 = 10 3 = 110 5 = 11111 7 = 111100 Ukuran citra sebelum pemampatan (1 derajat keabuan = 3 bit) adalah 4096 x 3 bit = 12288 bit, sedangkan ukuran citra setelah pemampatan : (790 x 2 bit) + (1023 x 2 bit) + (850 x 2 bit) + (656 x 3 bit) + (329 x 4 bit) + (245 x 5 bit) + (122 x 6 bit) + (81 x 6 bit) = 11053 bit Jadi kebutuhan memori telah dikurangi dari 12288 bit menjadi 11053 bit. Nisbah pemampatan = (100% – (11053/12288) x 100%) = 10%, yang artinya 10% dari citra telah dimampatkan.

Jaringan Wireless
Wireless atau wireless network merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya sehingga terbentuk sebuah jaringan komputer dengan menggunakan media udara/gelombang sebagai jalur lintas datanya. Pada dasarnya wireless dengan LAN merupakan sama-sama jaringan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya, yang membedakan antara keduanya adalah media jalur lintas data yang digunakan, jika LAN masih menggunakan kabel sebagai media lintas data, sedangkan wireless menggunakan media gelombang radio/udara. Penerapan dari aplikasi wireless network ini antara lain adalah jaringan nirkabel diperusahaan, atau mobile communication seperti handphone, dan HT.
selengkapnya di download
Macan-macam jaringan
1. Local Area Network ( LAN )
Adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung / kantor.
Manfaatnya antara lain :
·Digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer yang terdapat didalam gedung / kantor.
·Jaringan LAN disebut dengan jaringan local.
·File server untuk memberikan layanan perangkat lunak mengatur jaringan dan untuk menyimpan data.
·Topologi yang digunakan untuk jaringan LAN adalah topologi ring dan topologi bus.
Metropolitan Area Networking ( MAN )
Adalah jaringan yang menghubungkan komputer yang ada di gedung yang brdekatan / masih dalam kota atau provinsi.
Manfaatnya :
.Jaringan ini juga sering disebut dengan intranet.
.Software dan hardw·are yang digunakan sangat spesifik.
Wide Area Networking ( WAN )
Adalah jaringan yang mencakup area sangat luas, Negara / benua.
Manfaatnya:
·Jaringan ini menggunakan satelit bawah laut.
·Kecepatan transfer data adalah 64 kbps.
.Dalam jaringan ini terdapat satu pusat komputer yang disebut dengan host.
Internet
Adalah jaringan computer yang mencakup satu dunia.
*Jaringan internet ini menggunakan kabel serat optic untuk menghubungkan antara benua yang satu dengan benua yang lain, kabek tersebut dibangun didasar laut.
*Internet sebagai sumber informasi.
selengkapnya d download
Program Linear
Pengertian Program Linier
Pemrograman Linier disingkat PL merupakan metode matematik dalam mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai suatu tujuan seperti memaksimumkan keuntungan dan meminimumkan biaya. PL banyak diterapkan dalam masalah ekonomi, industri, militer, social dan lain-lain. PL berkaitan dengan penjelasan suatu kasus dalam dunia nyata sebagai suatu model matematik yang terdiri dari sebuah fungsi tujuan linier dengan beberapa kendala linier.
Program Linear adalah suatu cara untuk penyelesaian masalah dengan menggunakan persamaan atau pertidaksamaan linear yang mempunyai banyak penyelesaian, dengan memperhatikan syarat-syarat agar diperoleh hasil yang maksimum/minimum (penyelesaian optimum).
selengkapnya d download
Topologi Jaringan
Situs-situs dalam sistem terdistribusi dapat terhubung melalui berbagai macam cara yang ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria sebagai berikut:
•Biaya instalasi. Biaya menghubungkan situs-situs dalam sistem.
•Biaya komunikasi. Besar waktu dan uang untuk mengirimkan pesan dari satu situs ke situs lainnya.
•Ketersediaan/availabilitas. Sampai sejauh mana data dapat diakses walaupun terdapat kegagalan pada beberapa link atau situs.
Macam-macam topologi jaringan antara lain:
1.Fully Connected Network
2.Partially Connected Network

Evaluasi IR

  • Indikator yang dapat diukur:
Seberapa cepat dia meng-indeks
Banyaknya dokumen/jam
Terkait dengan ukuran dokumen
Seberapa cepat dia mencari
Fungsi dari ukuran indeks
  • Indikator yang sulit diukur:
Seberapa “bahagia” user ??
Kesesuaian jawaban hasil query
Ketepatan
Seberapa “mudah” user ??
Menyusun query

Multilayer

Multilayer Merupakan layer yang terdiri atas
beberapa lapisan yaitu :
Lapisan fisik (physical layer)
Lapisan koneksi data (data link layer)
Lapisan jaringan (network layer)
Lapisan transpor (transport layer)
Lapisan sesi (session layer)
Lapisan presentasi (presentation layer)
Lapisan aplikasi (application layer)

selengkapnya di download

Kerberos

Pengertian
Kerberos merupakan suatu protocol autentikasi jaringan. Kerberos dirancang untuk memberikan autentikasi yang kuat untuk aplikasi client/server dengan menggunakan secret-key cryptography.
Dasar Kerberos
1. Authentication atau autentikasi adalah proses verifikasi identitas dari seorang anggota yang memberikan suatu data, dan integritas dari data tersebut
2. Principal adalah anggota yang identitasnya telah diverifikasi.
3. Verifier adalah anggota yang meminta jaminan identitas dari principa

4. Authorization adalah proses dimana seseorang menentukan apakah principal dapat melakukan suatu operasi. Autorisasi biasanya dilakukan setelah principal melalui proses autentikasi.

selengkapnya di download

Thread

Thread merupakan kemampuan yang disediakan oleh Java untuk membuat aplikasi yang tangguh, karena thread dalam program memiliki fungsi dan tugas tersendiri. Dengan adanya thread, dapat membuat program yang lebih efisien dalam hal kecepatan maupun penggunaan sumber daya, karena kita dapat membagi proses dalam aplikasi kita pada waktu yang sama. Thread umumnya digunakan untuk pemrograman multitasking, networking, yang melibatkan pengaksesan ke sumber daya secara konkuren.


Selengkapnya d download materi

jaringan Komputer

Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.
Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. (Lihat Gambar 1.) Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

selengkapnya di download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar